Mengenal Virus Komputer

A.     Virus Komputer Adalah Program Berbahaya (Malware)

Virus komputer adalah suatu program komputer yang mampu memproduksi dirinya sendiri . Program ini mampu membuat salinan dirinya sendiri dan melampirkannya ke program lain. Virus komputer dirancang untuk merusak atau mengubah data , juga untuk menurunkan kinerja sistem operasi dengan memanfaatkan sumber daya seperti memori atau disk.

Virus komputer dapat digolongkan menjadi 4 jenis yaitu :

1.      Virus MBR (Master Boot Record )
Virus ini sangat mirim dengan virus boot sector , bertugas untuk menginfeksi MBR suatu disk.

2.      Virus File Infector
Virus ini bertugas menginfeksi file yang berisi kode executable, seperti  file  EXE dan COM . Biasanya virus ini akan menetap (Resident ) di memori komputer dan akan terus menginjeksi file-file executable lainnya.

3.      Virus Macro
Virus ini bertugas untuk menginfeksi beberapa jenis file data , seperti file mickrosoft office  ( Word, Excel, Power Point dan database Access ). Beberapa virus macro juga memiliki karakteristik seperti worm komputer, dimana mereka dapat menyebarkan dirinya melalui jaringan.

4.      Virus Multi-partiite
Virus ini memiliki karakteristik yang banyak , lebih dari satu jenis virus . seperti contoh , virus ini bisa menginfeksi book record dan juga file program.

Saat ini virus komputer paling sering menyebar melalui file-file lampiran email dan juga melalui media penyimpanan data, seperti flashdisk, kartu memori , dan  juga harddisk eksternal. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak membuka file lampiran email kecuali anda tahu siapa pengirimnya . Virus dapat menyamar sebagai file lampiran video yang unik, seperti gambarb lucu,  kartu ucapan, atau file audio dan video. Virus juga menyebar melalui file-file yang di download dari internet. Virus dapat bersemmbunyi di software-software ilegal (Bajakan ) atau software dengan nama-nama yang menarik, yang membuat anda penasaran untuk menjalankannya, seperti  file  tebak_score.exe, cheat_poker.exe, dan lain sebagainya.

Virus komputer termasuk dalam program malware, yaitu program yang dapat membahayakan sistem komputer dan data . Beberapa jenis malware, diantaranya adalah worm, trojan horse, rootkit, spyware, dan adware . Secara teknis virus berbeda dengan worm  dan  trojan horse . Worm akan memanfaatkan celah keamanan untuk menyebarkan dirinya secara otomatis ke komputer lain melalui jaringan komputer, sedangkan trojan horse adalah program yang muncul dan tidak berbahaya, tetapi berfungsi untuk menyembunyikan program berbahaya lainya. Worm dan trojan seperti halnya virus dapat memnbahayakan data dan sistem pada komputer anda.

B.     Cara Kerja Malware

Program malware bekerja dengan cara menyusupkan dirinya ke program/ file lain agar file tersebut tidak dapat diakses secara normal . Berikut daftar porogram malware yang dapat menginfeksi dan cara kerjanya:

1.      Virus, adalah program kecil yang dapat menginfeksi dan memproduksi dirinya. Sebagai contoh virus akan melampirkan dirinya sendiri ke program lain seperti program perkantoran ( office ). Jadi , setiap kali program tersebut dijalankan , maka virus juga akan aktif dan memproduksi dirinya dengan cxara menempelkan dirinya pada program /file lain. Dengan cara ini virus edapat dengan cepat menyebar kjeseluruh program/file lainnya.

2.      Virus email, merupakan jenis virus komputer yang berupa file lampiran (attachment) dari suatu email. Jika anda membuka file lampiran tersebut maka virus akan mereplikasi dirinya untuk dikirimkan ke semua alamat email yang ada di buku alamat email (address book), dan begitu pula seterusnya . Bahkan beberapa jenis virus ini aktif  hanya dengan melihat isi pesan pada email tanpa membuka isi lampiran email tersebut.


3.      Trojan horse, merupakan program komputer sederhana yang awalnya terlihat tidak berbahaya, namun sebenarnya ia menyembuyikan program yang berbahaya. Apabila anda menjalankan nya maka trojan akan mengeluarkan program lain yang sangat berbahaya bahkan dalam beberapa kasus program tersebut akan menghapus data-data dalam harddisk, trojan horse tidak dapat menggandakan dirinya secara otomatis.

4.      Worm, seperti namanya worm (cacing ) merupakan program kecil yang dapat mereplikasi dan menyebarkan dirinya melalui media jaringan. Sebuah salinan worm akan berusah mencari jaringan untuk menyebarkan dirinya ke komputer  melalui celah keamanan tertentu hingga ia dapat menguasai komputer dalam sebuah jaringan.

Banyak cara kerja virus dan malware yang sudah dapat dibaca dan dicegah oleh keamanan OS dan Anti virus namun para pencipta virus dan malware berusaha mempelajari trik-trik baru untuk mengganggu pengguna komputer.

Hampir semua aplikasi besar yang ada kini dimuat dalam kemasan CD/DVD. Selain lebih ekonomis, media tersebut juga dianggap lebih aman dari serangan virus, karena virus tidak dapat menginfeksi media tersebut. Namun lain halnya jika pada saat burning CD/DVD komputer yang digunakan telah terinfeksi virus maka virus juga akan masuk kedalam media tersebut. Jika hal tersebut terjadi maka CD/DVD tersebut harus dibuang karena virus yang ada di dalamnya tidak mungkin untuk dihapus.

C.     Gejala-gejala

Jika anda menemukan hal-hal yang aneh di komputer anda maka mungkin saja komputer andsa terinfeksi virus. Berikut ini beberapa gejala yang sering muncul

1.      Komputer berjalan lebih lambat dari biasanya.
2.      Komphuter seringf berhenti merespons atau sering hang.
3.      Terjadi crash dan sering restart sendiri.
4.      Muncul peringatan pesan-pesan aneh.
5.      Program-program aplikasi tidak bekerhja dengan benar.
6.      Disk atau disk drive tidak dapat diakses.
7.      Tidak dapat mencetak ke printer dengan benar.
8.      Muncul pesan kesalahan yang tidak biasanya.
9.      Muncul ekstensi ganda pada lampiran yang baru dibuka seperti jpg, gif, atau exe.
10.  Program anti virus tiba-tiba non aktif karena virus juga dapat menonaktifkan anti virus
11.  Program anti virus tidak dapat di-install atau program anti virus tidak dapat berjalan
12.  Muncul icon-icon baru di dekstop yang anda  tidak ketahui atau icon yang tidak berhubungan dengan program yang baru di-install
13.  Muncul suara aneh atau komputer memainkan musik tanpa anda duga
14.  Hilangnya data anda di komputer meskipun anda tidak merasa menghapusnya

Catatan di atas adalah tanda-tanda terinfeksi virus secara umum. Namun tanda-tanda ini juga dapat di sebabkan oleh hardware atau software yang tidak ada hubungannya dengan virus komputer. Maka dari itu anda harus memeriksanya bahwa komputer anda terkena virus atau tidak.

0 komentar: